PANCASILA

PANCASILA

17/12/07

PT PAL akan Produksi Kapal Perang Nasional


Surabaya (Bali Post) -

PT PAL akan memproduksi kapal perang nasional untuk TNI Angkatan Laut. Kapal perang jenis Corvet dengan panjang 80 meter kabarnya didukung Komisi I dan IX DPR-RI. Yang menarik, kapal Corvet ini didukung 25 perusahaan dalam negeri yang siap menyediakan bahan baku sekaligus suku cadang dari Indonesia.

Penegasan itu dikemukakan Humas PT PAL Drs. Asik di Surabaya, Senin (8/9) kemarin. Selain kapal Corvet, PT PAL juga akan membuat kapal patroli cepat nasional yang juga diperuntukkan bagi TNI-AL. ''Ini untuk menjawab keragu-raguan sekaligus mengatasi embargo Amerika terhadap Indonesia,'' katanya. Menurut dia, kapal perang nasional yang baru berupa konsep nasional ini sudah dipresentasikan di hadapan anggota Komisi I dan IX DPR-RI.

Saat mempresentasikan konsep kapal perang nasional made in PT PAL, kata dia, anggota Komisi I dan IX DPR-RI sangat mendukung. Karena mendapat dukungan dari Komisi I dan IX, PT PAL sekaligus merangkul 25 perusahaan dalam negeri untuk menyediakan bahan baku dan suku cadangnya. Yang jelas, menurut dia, baik kapal perang jenis Corvet maupun kapal patroli cepat nasional semuanya diproduksi oleh anak bangsa. Baik tenaga ahlinya yang membuat kapal maupun bahan baku dan suku cadang dibuat di Indonesia.

Dari 25 perusahaan dalam negeri yang siap mendukung PT PAL, salah satunya adalah PT Maspion. ''Mereka siap membantu dan mem-back-up PT PAL. Intinya, perusahaan dalam negeri siap menyediakan segala komponen yang diperlukan untuk membuat kapal perang nasional,'' katanya.

Dukungan yang diberikan, menurut Asik, dimaksudkan supaya Indonesia bisa lepas dari ketergantungan luar negeri terutama pengadaan onderdil kapal. Saat ini, konsep pembuatan kapal perang nasional itu juga sudah disetujui oleh TNI-AL. Di samping itu, Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim tidak hanya bisa membuat kapal niaga, tetapi juga kapal perang yang semuanya diproduksi di dalam negeri.

Tidak ada komentar: